Pengertian, Kelebihan, dan Website yang Menggunakan Aplikasi Joomla


A. PENGERTIAN JOOMLA
Joomla! adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk membuat atau membangun sebuah website dinamis yang dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukungnya. Joomla! termasuk dalam kategori aplikasi CMS (Content Management System) open source, artinya dapat Anda pergunakan dengan sebebas-bebasnya atau bebas untuk mengoperasikannya. Sejarah Joomla! sendiri awalnya dikembangkan dari aplikasi CMS lainnya yaitu Mambo.

B. KELEBIHAN APLIKASI JOOMLA
Joomla! adalah salah satu Open Source Content Management Systems paling powerfull yang pernah ada. Digunakan diseluruh dunia dari situs yang paling sederhana sampai kepada aplikasi korporasi yang kompleks. Kelebihan Joomla! terletak pada kemudahan instalasi dan pengelolaannya.
CMS yang satu ini merupakan CMS yang lengkap dan banyak dipakai oleh pengembang web baik luar dan dalam negeri. Sebagai jasa pembuatan website murah, penguasaan banyaknya program CMS sudah menjadi sebuah keharusan. Joomla! terbilang lengkap untuk fitur-fiturnya dan untuk belajar joomla pun gampang karena sudah ada id-joomla.com yang didalamnya banyak tutorial tentang CMS ini.

C. WEBSITE YANG DIBUAT DENGAN APLIKASI JOOMLA
http://joomla.org/
http://www.kemenkumham.go.id/
http://quizilla.teennick.com/

D. TOUTORIAL INSTALL JOOMLA
1. Setelah anda mendownload paket Joomla nya ada extract file paket nya tersebut ke suatu folder,cth : Joomla, kemudian folder Joomla tersebut anda copy kan (untuk windows) ke c:/program files/xampp/htdocs/

2. Kemudian anda buka browser anda baik itu mozilla atau IE,ketik http://localhost/Joomla(sesuai folder yang anda buat tadi).Jangan lupa service apache dan mysql nya di jalankan.

3. Install Joomla, dengan langkah-langkah berikut ini.

a) Tekan Tombol Next, maka tampil License dari Joomla;
b) Klik Tombol Next Lagi, maka akan tampil ;
c) isi Hostname localhost;
d) isi My Sql User Name root;
e) password kosongkan;
f) isi My SQL Database Name terserah anda mau buat apa, Kemudian klik tombol Next;
g) isikan nama situs yang ingin anda buat cth :situsku, kemudian klik tombol Next;
h) isikan alamat email anda,dan ganti lah password nya,yang lain biarkan dalam keadaan default, Kemudian;
i) klik tombol Next Kembali, maka akan tampil tombol finish.

Tanda ini berarti mengisyaratkan bahwa Joomla anda telah selesai di install,kemudian pada folder c:/program files/XAMPP/Htdocs/Joomla (folder yang anda buat) hapus, folder installation, kemudian anda buka lagi browser nya maka jalankan atau ketik http://localhost/Joomla, jika anda ingin meng customize situs anda maka anda tinggal pilih administrator :masukan user name :admin dan password yang telah anda isi tadi pada saat instalasi Joomla.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Perkenalkan Nama Saya Zahal Mahfudz, tinggal di Kab.Bulukumba, Sekolah di SMA Negeri 1 Bulukumba.

Pengikut

Arsip Blog

Pengunjung Sekarang